Total Football ala Ajax Amsterdam di Masa Kini
sumber: footballcoin.io

Total Football ala Ajax Amsterdam di Masa Kini

17 kali dilihat

SUKABOLA – Banyak pengamat sepak bola yang memuji permainan cantik dari anak asuhan Erik Ten Hag di musim ini. Bukan hanya merajai Belanda, Ajax Amsterdam menjelma menjadi klub cukup berbahaya di kancah Eropa. Setelah para raksasa Eropa ditumbangkan, kini Ajax Amsterdam tinggal melewati satu ujian menuju final Liga Champions musim 2018/2019. Dini hari nanti, Ajax Amsterdam akan menjamu Tottenham Hotspur setelah sebelumnya sudah unggul 1-0 di leg pertama.

Permainan Ajax Amsterdam mengingatkan publik pada total football yang dulu dicetuskan oleh Johan Cruyff, mantan pemain Ajax Amsterdam sekaligus mantan pelatih Barcelona. Lalu, bagaimanakah total football Ajax Amsterdam di masa kini?

Perbedaan Gaya Bermain ala Cruyff dan Van Gaal

Ada dua nama yang pernah menjadi sejarah bagi Ajax Amsterdam. Pertama adalah Johan Cruyff yang merupakan mantan pemain Ajax Amsterdam, kedua adalah Louis Van Gaal yang pernah menjadi pelatih sukses di Ajax Amsterdam. Meski sama-sama mencetak sejarah di sana, dua nama ini terkenal sangat bertolak belakang dalam hal permainan.

Van Gaal menerapkan taktik permainan dengan begitu detail pada Ajax Amsterdam di masa kerjanya dahulu. Dia memiliki visi yang begitu bagus dalam sepak bola. Cara itulah yang kemudian mampu membawa Ajax Amsterdam merajai Eropa. Sementara Cruyff lebih suka permainan yang membebaskan tiap individu untuk bermain di lapangan. Ibaratnya, Van Gaal seperti sosok pragmatis yang kemudian berkembang di Ajax Amsterdam, sementara Cruyff adalah sosok romantis pembawa kebebasan pada Ajax Amsterdam.

Baca Juga:  Fakta Menarik di Balik Laga Barcelona Vs Liverpool

Pengaruh Cruyff yang Kini Merasuk ke Anak Didik Ten Hag

Tidak ada yang bisa menyangkal kalau pengaruh permainan ala Cruyff begitu merasuk ke Ajax Amsterdam sekarang. Erik Ten Hag seolah-olah sudah belajar dari mentornya dengan sangat baik. Siapa pun tahu bahwa mentor Ten Hag adalah Pep Guardiola, murid didikan Cruyff, yang pernah sukses melatih Barcelona dan Bayern Muenchen.

Ajax Amsterdam terbiasa bermain secara terbuka dan menguasai aliran bola di menit pertama permainan. Setiap celah pertahanan lawan akan segera dimasuki Ajax Amsterdam untuk dikonversi menjadi sebuah peluang hingga berbuah gol. Ketika kehilangan bola, seorang pemain akan melakukan tekanan ke pihak lawan dan diikuti pemain lainnya sehingga mampu mempersempit ruang gerak lawan.

Pola Permainan Ajax Amsterdam Masa Kini

Nicolas Tagliafico dan Joel Veltman yang bertindak sebagai bek biasanya akan membantu menekan ke depan dan membuka pola penyerangan. Pemain sayap seperti David Neres dan Hakim Ziyech akan membuat peluang dengan membuka terobosan dari tengah. Dusan Tadic yang datang dari Southampton musim lalu cukup bermain baik sebagai bagian dari trio penyerang Ajax Amsterdam. Penguasaan bola diserahkan kepada Frankie de Jong dan Donny van Beek.

Baca Juga:  Minggu Besar untuk Klub Inggris di Eropa

Ajax Amsterdam bukan hanya memberikan kemenangan demi kemenangan, melainkan juga menyuguhkan permainan begitu indah. Tidak heran kalau banyak klub raksasa harus tunduk mengakui permainan terbuka Ajax Amsterdam yang begitu menakutkan.

Langkah Ajax Amsterdam Cukup Menakjubkan di Musim Ini

Di Eredivisie Belanda, Ajax Amsterdam tengah bersaing ketat dengan PSV Eindhoven untuk memperebutkan posisi teratas. Keduanya kini mengoleksi poin yang sama hingga pekan ke-32. Sementara, minggu lalu Ajax Amsterdam baru saja memenangi Piala Belanda. Trofi tersebut menjadi satu dari tiga target yang berhasil Ajax Amsterdam capai musim ini.

Langkah Ajax Amsterdam di Liga Champions pun tidak bisa dipandang sebelah mata. Andai dini hari nanti Ajax Amsterdam mampu menang atas Tottenham Hotspur, patut disimak apakah musim ini tim asuhan Ten Hag ini mampu menjadi raja Eropa yang baru.

Bagikan artikel ini
Sembunyikan menu