Teji Savanier: Musim Lalu di Ligue 2, Kini Mendominasi Ligue 1
Teji Savanier (Foto: GettyImages)

Teji Savanier: Musim Lalu di Ligue 2, Kini Mendominasi Ligue 1

14 kali dilihat

SUKABOLA – Jendral lapangan tengah Nimes Teji Savanier bukanlah pemain yang terkenal. Ia menghabiskan sebagian besar kariernya di Ligue 2. Musim ini merupakan pengalaman pertamanya bermain di Ligue 1. Mesipun begitu, ia mampu mendominasi liga tertinggi di Prancis itu. Savanier bahkan menjadi calon kuat peraih penghargaan Ligue 1 Player of the Season. 

Cinta keluarga

Dilansir The Guardian, Savanier bermukim di Figuerolles, sebuah pemukiman kecil dan sangat sederhana di pinggiran kota Montpellier. Kebanyakan orang akan meninggalkan pemukiman seperti Figuerolles setelah menuai kesuksesan. Namun, tidak halnya dengan Savanier. Usai latihan setiap petang, Savanier akan pulang ke rumahnya di Figeurolles untuk berkumpul dengan istri, anak-anak, dan saudara-saudaranya.

Advertisement

Kepada L’Equipe tahun lalu, gelandang berusia 27 tahun itu mengaku bahwa ia sulit meninggalkan Figuerolles. Namun, Savanier juga tidak menampik bahwa untuk memberikan kehidupan yang lebih baik bagi keluarganya, ia kemungkinan harus pindah dari pemukiman tersebut suatu saat.

Baca Juga:  Aksi Pukul Seorang Fans, Neymar Dihukum Tiga Pertandingan

“Tradisi kita adalah untuk tetap bersama.” ungkap Savanier. “Akan membuat saya sakit untuk meninggalkan lingkungan itu, tetapi kehidupan disini sulit. Saya bermain untuk keluarga saya dan, jika saya harus meneduhkan semua orang atau mengeluarkan mereka dari sana, saya akan melakukannya.” tuturnya.

Karier Teji Savanier

Mengawali karier bersama Montpellier, Savanier kemudian bergabung dengan Arles-Avignon pada tahun 2011. Sukses bersama klub tersebut, Nimes meminangnya pada tahun 2015. Musim lalu merupakan yang terbaik dalam kariernya dimana ia sukses mengantarkan Nimes promosi ke Ligue 1 untuk pertama kalinya sejak 1993.

Baca Juga:  Caen dan Dijon Menang, Persaingan di Papan Bawah Kian Sengit

Adaptasinya di Ligue 1 berjalan sangat mulus musim ini. Bermain sebagai deep-lying playmaker, Savanier sukses mendikte setiap laga yang dimainkan Nimes musim ini. Ia hanya kalah dari Kylian Mbappe, Marquinhos, dan Marco Verratti dalam penilaian yang dilakukan L’Equipe musim ini. Oleh karena itu, banyak yang beranggapan bahwa Savanier layak untuk mendapatkan penghargaan Pemain Terbaik Liga 1 Prancis musim ini.

Meskipun bermain di depan lini pertahanan Nimes, Savanier memiliki visi permainan yang sangat baik. Hal ini terbukti dengan bertenggernya Savanier di puncak daftar top assist Ligue 1 dengan 12 assist. Selain itu, ia juga dikenal dengan tendangan bebas dan tembakannya yang sangat jitu. Ia berhasil mencetak enam gol sejauh ini di Ligue 1. 

Bagikan artikel ini
Sembunyikan menu