Miris, Pemain Ini Bangkrut Setelah Pensiun dari Sepak Bola
sumber: medium.com

Miris, Pemain Ini Bangkrut Setelah Pensiun dari Sepak Bola

11 kali dilihat

SUKABOLA – Banyak pemain sepak bola yang berlimpah dengan uang dan harta. Hal ini tentu tidak salah mengingat gaji para pemain sepak bola Eropa pun cukup tinggi. Namun, apa jadinya kehidupan mereka setelah pensiun? Akankah mereka masih bisa menikmati uang dengan mudah seperti saat menjadi pemain? Ternyata banyak juga pemain sepak bola yang justru bangkrut pasca pensiun. Berikut beberapa pemain sepak bola yang mengalami hal buruk tersebut.

David James

Mantan kiper tim nasional Inggris ini sempat menjadi pemain besar. Beberapa klub besar pernah menjadi pelabuhannya. Sebut saja Portsmouth, Aston Villa, West Ham United, Liverpool, dan Manchester City. Tentu bisa dibayangkan berapa banyak pundi-pundi uang yang David James hasilkan selama menjadi pemain sepak bola.

Kejayaannya runtuh setelah David James memutuskan pensiun dari sepak bola. Islandia menjadi negara terakhir untuk dirinya bermain sepak bola. Setelah pensiun itulah David James terpaksa mengeluarkan banyak uang untuk mengurus perceraian pada tahun 2005. Konon, sejak saat itu kondisi keuangan David James bangkrut.

Baca Juga:  Ronaldinho: Manchester United Bisa Kalahkan Barcelona

Emmanuel Eboue

Arsenal sempat memiliki pemain hebat sekelas Emmanuel Eboue. Dia bermain untuk Arsenal sejak musim 2004 hingga 2011. Setelah sempat pindah ke Galatasaray, Ebou akhirnya memutuskan pensiun di tahun 2016 karena kondisi kesehatan yang agak memburuk.

Siapa nasib Eboue juga harus cukup sial karena kahabisan uang demi mengurus perceraian. Bahkan, semua aset dan properti miliknya diberikan pada mantan istirnya. Di tengah kondisi serba sulit, Eboue sempat menyatakan bahwa dia sendiri hendak bunuh diri karena tak kuat menanggung hutang.

John Arne Riise

Mantan bintang Liverpool yang sempat merasakan gelar Liga Champions bersama The Reds ini juga mengalami kebangkrutan setelah pensiun. Riise terpaksa harus menjalani persidangan setelah gagal membayar hutang sebanyak 2 miliar rupiah. Kondisi ekonomi sulit memang sempat hinggap di diri Riise setelah pensiun.

Meski dia berlabel sebagai salah satu pemain bertahan terbaik kala itu, ternyata perencanaan keuangan yang tidak baik mampu menjeremuskan Riise ke dalam jerat hutang. Banyak media luar negeri sempat menyebut bahwa Riise adalah pemain besar yang ketiban sial setelah pensiun.

Baca Juga:  Spanyol Amankan Tiga Poin di Laga Perdana Kualifikasi EURO 2020

Ronaldinho

Siapa tak kenal Ronaldinho? Mantan bintang Barcelona ini begitu terkenal dan selalu menjadi incaran banyak klub-klub Eropa di masa jayanya. Selama menjadi pemain sepak bola, Ronaldinho berhasil meraih banyak gelar, mulai dari La Liga, Liga Champions, hingga Piala Dunia. Lalu, apa yang terjadi padanya setelah pensiun?

Hidup Ronaldinho yang mewah saat menjadi pemain sepak bola langsung hancur setelah pensiun. Dia bangkrut dan konon memiliki hutang hingga 32,8 miliar. Tahun lalu sempat beredar kabar bahwa di rekening sang mantan bintang tersebut hanya ada uang sebesar 5 Euro atau sekitar delapan puluh tiga ribu rupiah. Waduh, orang sekaya Ronaldinho bisa juga jadi bangkrut sebegininya ya!

Kisah kebangkrutan para pemain sepak bola tadi seharusnya bisa menjadi pelajaran untuk kita juga. Sehebat apa pun kita di usia produktif, semuanya akan menjadi sia-sia jika tidak mempersiapkan uang untuk hari tua.

Bagikan artikel ini
Sembunyikan menu