Menghitung Peluang Timnas U23 Lolos Kualifikasi
(Sumber: PSSI.org)

Menghitung Peluang Timnas U23 Lolos Kualifikasi

78 kali dilihat

SUKABOLA -Peluang Timnas Indonesia U23 lolos babak kualifikasi Piala AFC di Vietnam menipis pasca kekalahan atas Thailand, 4-0. Hasil tersebut membuat tim asuhan Indra Sjafri menjadi juru kunci grup K. Memang masih tersisa dua laga lagi, melawan tim Vietnam dan Brunei.

Coach Indra Sjafri sudah menjanjikan perubahan di laga selanjutnya melawan Vietnam (24/3/2019) nanti. “Tentu akan ada perubahan saat kami melakukan pertandingan nanti lawan Vietnam. Kami akan berjuang maksimal demi meraih kemenangan melawan Vietnam,” katanya seperti dikutip dari web resmi PSSI.org.

Tak hanya coach Indra, bek tim nasional Asnawi MB  juga menjanjikan perubahan penampilan pada laga kedua nanti. Hal tersebut diungkapkannya ketika diwawancarai setelah laga melawan Thailand.

Baca Juga:  Andritany dan Novri Berangkat ke Australia

“Lawan Vietnam harus lebih fokus lagi agar dapat poin, harus lebih konsentrasi lagi. Karena kita tahu hari ini kami tidak dapat poin, dan pertandingan nanti sangat penting buat kami agar bisa lolos ke babak selanjutnya. Kami harus menang dan akan berjuang keras,” ucapnya.

Namun, jika di lapangan nanti tak terjadi perubahan dari segi permainan, tampaknya Egy Maulana Vikri dkk akan sulit meraih poin maksimal di tiap pertandingannya.

Kondisinya akan menjadi tambah sulit jika Thailand U23 mampu keluar sebagai juara grup K. Pasalnya, Thailand yang akan bertindak sebagai tuan rumah Piala AFC U23 2020 nanti sudah dipastikan lolos ke putaran final. Ini mengharuskan Garuda Muda memuncaki klasemen kalau mau lolos langsung ke putaran final. Namun, rasio peluangnya cuma 1 banding 4.

Baca Juga:  Rivaldo Ferre dan TM Ichsan Dicoret

Jika hanya mampu menduduki posisi kedua, maka peluang dapat lolos ke putaran final di Thailand nanti akan jadi semakin sulit. Tim nasional Indonesia U23 harus bersaing lagi dengan runner-up grup lainnya. Hanya akan ada 5 tim terbaik yang lolos dari 11 grup. Ini tidak mudah walau rasio peluangnya akan bertambah 5 banding 11.

Tetapi, coach Indra Sjafri beserta anak asuhanya harus tetap semangat dan fokus dalam menghadapi laga selanjutnya. Setipis apa pun peluang lolos ke Thailand 2020, Marinus Wanewar dkk harus menunjukkan kekuatan mental sebagai juara Asia Tenggara di level U22. Tidak boleh menyerah sebelum hasil akhir di dapatkan.

 

Bagikan artikel ini

Tinggalkan Balasan

Sembunyikan menu